tugas kewirausahaan kelompok 4

TUGAS KEWIRAUSAHAAN
PRODUKSI MAKANAN RINGAN

MAKALAH

Untuk memenuhi tugas mata kuliah

Tugas Kewirausahaan

yang dibina oleh Bapak Ir. Djati Umar Saleh

   

Oleh :

Offering KAT 2 PKBI

Kelompok 4

1.      Arin Fitriani                         711443220

2.      Ervina Febri Untari               711443334

3.      Marischa Gita                      711443229

4.      Dita Fajriatul Rohmah          711443241

5.      Lidian Beverly                      711443249

      

 

 

 

UNIVERSITAS NEGERI MALANG

PROGRAM KEAHLIAN BISNIS DAN INDUSTRI

JURUSAN KOMPUTER AKUNTANSI

November 2012

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL                                                                                        i

DAFTAR ISI                                                                                                    ii

 

BAB I PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang                                                                                       1

1.2    Rumusan Masalah                                                                                  2

1.3    Batasan Masalah                                                                                    2

1.4    Tujuan                                                                                                    2

 

BAB II ISI

2.1  Profil Usaha                                                                                           3

2.2 Produk Usaha                                                                                        3

2.3 Sistem Pemasaran                                                                                  6

2.4 Struktur Organisasi                                                                                7

2.5 Hambatan Usaha                                                                                    8

 

BAB III ASPEK KEUANGAN

3.1  Laporan Keuangan                                                                             9

3.2 Laporan Keuangan Pisang Coklat                                                       9

3.3 Laporan Keuangan Omelet Mini                                                         10

 

LAMPIRAN                                                                                                     12

 BAB 1

PENDAHULUAN

 

1.1             Latar Belakang

 

Era modern perdagangan saat ini sedang  berkembang pesat. Salah satu tantangan bangsa saat ini adalah bagaimana meningkatkan nilai tambah hasil usaha industri  dapat menjadi penentu dan pendorong pertumbuhan ekonomi di setiap daerah. Pertumbuhan dan perkembangan industri yang begitu pesat memunculkan berbagai ragam dan bentuk industri yang ada, baik industri yang berskala besar ataupun yang berskala kecil, masing-masing industri berusaha untuk meningkatkan produktifitas yang tndala-kendala yang ada, adanya berbagai ragam industri tersebut menuntut masing-masing dari industri agar mampu bersaing dan mempertahankan industrinya tetap eksis.

Pemasaran adalah salah satu kegiatan dalam perekonomian yang membantu dalam menciptakan nilai ekonomi. Nilai ekonomi itu sendiri menentukan harga barang dan jasa. Faktor penting dalam menciptakan nilai tersebut adalah produksi, pemasaran dan konsumsi. Pemasaran menjadi penghubung antara kegiatan produksi dan konsumsi. Manusia harus menemukan kebutuhannya terlebih dahulu, sebelum ia memenuhinya. Usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dapat dilakukan dengan cara mengadakan suatu hubungan. Dengan demikian pemasaran juga diartikan suatu usaha untuk memuaskan kebutuhan pembeli dan penjual. Pemasar yang berusaha mempengaruhi perilaku konsumen terletak pada premis konsumen adalah raja, motivasi dan perilaku konsumen dapat dimengerti melalui penelitian, perilaku konsumen dapat dipengaruhi melalui kegiatan persuasive yang menanggapi konsumen secara serius sebagai pihak yang berkuasa dan dengan maksud tertentu serta pengaruh konsumen memiliki hasil yang menguntungkan secara social asalkan pengamanan hukum, etika, dan moral berada pada tempatnya untuk mengekang upaya manipulasi.

Berdasarkan latar belakang di atas, maka kami tertarik untuk mengkaji lebih dalam lagi tentang sistem pembukuan yang digunakan oleh hasil usaha penjualan makanan ringan pisang coklat dan omelet mini yang kami jalankan.

 

 1.2  Rumusan Masalah

 

1.2.1        Apa saja kendala yang dihadapi?

1.2.2        Bagaimana sistem akuntansi yang digunakan oleh usaha penjualan ini?

1.2.3        Bagaimana sistem pemasarannya?

 

 1.3    Batasan Masalah

 

Dalam proposal ini kami hanya membahas mengenai kendala, sistem akuntansi, sistem pemasaran dan cara meningkatkan usaha ini.

 

 1.4    Tujuan

 

1.4.1        Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi.

1.4.2        Untuk mengetahui sistem akuntansinya.

1.4.3        Untuk mengetahui sistem pemasarannya.

BAB II

ISI

 

2.1       Profil Usaha

 

Usaha penjualan makanan ringan atau camilan yang kami jalankan ini berawal dari pemberian tugas praktik kewirausahan yang telah diberikan oleh dosen. Ide ini tidak serta merta muncul begitu saja karena dari keempat anggota memiliki ide dan gagasan usaha yang berbeda-beda.  Salah satu dari kami mempunyai ide untuk berjualan pisang coklat. Selama lima hari kami mencoba berjualan pisang coklat yang kami titipkan di SMPN 1 Tumpang, PKBI UM, Fakultas Ekonomi UM dan kos-kosan. Setelah lima hari, kami memutuskan untuk berganti produk yakni omelet mini.

Kemudian kami merombak kembali rencana penjualan dengan melihat adanya daerah pemasaran yang cocok untuk omelet mini yakni di SMAN 5 Malang. Kami tidak berjualan pisang coklat di SMAN 5 Malang karena sudah ada yang berjualan pisang coklat disana. Jadi, kami memilih memproduksi omelet mini yang kami titipkan di kantin SMAN 5 Malang.

 

 

2.2       Produk Usaha

 

Produk yang kami jual yaitu:

1.      1. Pisang Coklat

Piscok, begitulah kudapan ini dinamai. Bentuknya panjang berisi pisang yang dilumuri susu coklat dan mesis. Kulitnya terbuat dari kulit pangsit. Rasanya tentu saja manis dan gurih. Kami memilih piscok bukan hanya karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena mudah membuatnya dan bisa dijual dengan harga sesuai ukuran pelajar dan mahasiswa. Satu piscok dihargai Rp. 1000,00 oleh penjual. Kami menjualnya seharga Rp. 900,00 sehingga  penjual akan mendapat keuntungan sebesar Rp. 100,00 per bungkus. Piscok mudah laku. Kudapan ini dijadikan pengganjal perut di pagi hari terutama bagi para mahasiswa dan pelajar yang tidak sempat sarapan dan  ingin hidup hemat. Bahan yang dibuthkan untuk membuatnya yaitu pisang, kulit pangsit, susu coklat, dan mesis. Cara membuatnya yaitu:

a.       Kupas pisang dan potong-potong menjadi kecil sekitar 2cm.

b.      Potong kulit pangsit menjadi 4 bagian.

c.       Isi kulit pangsit dengan pisang yang telah dipotong-potong.

d.      Goreng sampai berwarna kecoklatan, tiriskan dan tunggu hingga dingin.

e.       Tata pada mika yang sudah disediakan kemudian siram dengan susu coklat dan taburi mesis.

 1.      2. Omelet Mini

Omelet merupakan salah satu makanan praktis. Omelet mini rasanya gurih, ringan, dan mengisi tinggi protein dan tidak membosankan. Makanan ini sangat enak dimakan  pada waktu santai. Cara membuatnya tidak sulit, Bahan yang dibutuhkan untuk membuat omelet mini adalah  mie sedaap, mie keriting, telor, minyak goreng, royco dan tepung. Cara membuatnya yaitu:

a.       Letakkan bumbu mie instan pada mangkuk, campur dengan telor, royco dan tepung yang sudah dicampur dengan air, kemudian  kocok hingga tercampur semua.

b.      Rebus mie instan dan  mie keriting hingga setengah matang, lalu tiriskan dan masukkan ke dalam campuran bumbu. Aduk hingga merata

c.       Goreng ke dalam wajan ycetakan kue yang berupa penggorengan yang memiliki lubang-lubang kecil, goreng hingga berwarna kecoklatan.

2.3              Sistem Pemasaran

 

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan, menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. Definisi ini berdasarkan pada konsep inti, yaitu : kebutuhan, keinginan dan permintaan, produk, nilai, biaya dan kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan,  pasar,  pemasaran dan pemasar

Adapun tujuan pemasaran adalah mengenal dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan sendirinya. Idealnya pemasaran menyebabkan pelanggan siap membeli sehingga yang tinggal hanyalah bagaimana membuat produknya tersedia. Sedangkan proses pemasaran terdiri dari analisa peluang pasar, meneliti dan memilih pasar sasaran, merancang strategi pemasaran, merancang program pemasaran, dan mengorganisir, melaksanakan serta mengawasi usaha pemasaran.

Untuk itu, dengan produk-produk seperti yang kami jual ini kami memasarkannya di kalangan pelajar dan mahasiswa. Untuk kalangan mahasiswa kami menjualnya di kampus dan di kost-kostan. Sedangkan untuk kalangan pelajar kami memasarkannya di kantin sekolah. Target pasar dari produk kami adalah kalangan remaja.

Kami memilih berjualan pisang coklat di kampus karena ketika kami berjualan di kampus, lebih cepat terjual daripada di SMPN 1 Tumpang. Ini disebabkan adanya perbedaan geografis antara daerah kampus dan daerah pedesaan. Ketika kami menjual pisang coklat seharga seribu per bungkusnya, konsumen disana berkata bahwa produk kami terlalu mahal. Sehingga sulit untuk dipasarkan disana.

Kemudian kami mencoba berjualan di kampus UM. Pelanggan yang membeli tidak merasa produk kami mahal. Karena menurut mereka memang sudah wajar kami menjual dengan harga seribu per bungkusnya. Setelah lima hari kami berjualan, kami mendapati bahwa remaja cenderung lebih suka makanan yang gurih dibanding makanan yang manis. untuk menyesuaikan dengan minat konsumen, beralihlah kami dari memproduksi pisang coklat ke omelet mini.

Kami memilih berjualan omelet mini di SMAN 5 Malang karena  ada relasi yang memiliki kantin di SMAN 5 Malang sehingga lebih mudah dalam pemasarannya, tidak seperti pisang coklat yang pemasarannya tidak tentu. Setiap pagi kami menitipkan omelet mini ke rumahnya yang tidak jauh dari tempat produksi omelet mini. Sehingga kami tidak perlu jauh-jauh mengantarkannya ke SMAN 5 Malang.

 

2.4              Struktur Organisasi

 

1.      Ketua              :  Arin Fitriani

Deskripsi kerja      :

·         Mengkoordinasi anggota-anggotanya agar menjalankan tugas dengan maksimal.

·         Mengambil keputusan-keputusan yang dapat membuat usaha ini berkembang

·         Mempertanggungjawabkan kegiatan operasional

·         Memasarkan produk-produk yang dijual

 

2.      Wakil              :  Dita Fajriatul Rohmah

Deskripsi kerja      :

·         Membantu tugas ketua

·         Mencari informasi produk-produk baru yang sedang menjadi trend

·         Memasarkan produk-produk yang dijual

·         Melakukan pembelian bahan-bahan

 

3.      Bendahara     :  Marischa Gita

Deskripsi kerja      :

·         Melakukan pembukuan terhadap setiap transaksi yang terjadi

·         Melaporkan kondisi keuangan setiap minggu

·         Membuat laporan keuangan

 

4.      Anggota          :  Lidian Beverly

Deskripsi kerja      :

·         Melakukan pembelian bahan-bahan

·         Memproduksi pisang coklat

·         Memasarkan produk yang dijual

 

5.      Anggota          :  Ervina Febri Untari

Deskripsi kerja      :

·         Melakukan pembelian bahan-bahan

·         Memproduksi omelet mini

·         Memasarkan produk yang dijual

 

 

2.5       Hambatan Usaha

 

Tentunya selama menjalankan usaha ini pasti ada hambatan-hambatan yang sering kami hadapi.  Hambatan-hambatan tersebut antara lain:

a.       Tidak adanya waktu karena dipergunakan untuk kuliah dan mengerjakan tugas.

b.      Tidak adanya tenaga kerja yang memasak.

c.       Tidak adanya penitipan penjualan yang tepat untuk menitipkan dagangan.

d.      Harga pisang yang mahal untuk saat ini.

 

 

 BAB III

ASPEK KEUANGAN

 

3.1       Laporan Keuangan

 

            Laporan keuangan adalah sekumpulan informasi keuangan perusahaan dalam suatu periode tertentu yang disajikan dalam bentuk laporan sistematis yang mudah dibaca dan dipahami oleh semua pihak yang membutuhkan. Dalam makalah ini, kelompok kami akan membahas mengenai laporan harian usaha makanan ringan yang kami buat.

 

3.2       Laporan Keuangan Pisang Coklat

 

            Pisang coklat yang kami hasilkan selama lima hari sejumlah 15 bungkus per harinya. Akan tetapi pada tanggal 15, 16 dan 17 oktober pisang coklat kami dijual dengan harga  Rp. 900,00 karena kami harus membagi keuntungan dengan pihak yang telah membantu menjualkan produk kami sebesar Rp. 100,00 per bungkusnya.  Tanggal 13 Oktober 2012 kami menjual produk kami di kos-kosan Nikita dan Arin. Pada tanggal 15 Oktober 2012 dititpkan di SMPN 1 Tumpang. Pada tanggal 16 Oktober 2012 kami menitipkan di kantin PKBI-UM, sedangkan pada tanggal 17 Oktober 2012 kami titipkan lagi di SMPN 1 Tumpang. Dan pada tanggal 18 Oktober 2012 dijual ke fakultas ekonomi. Berikut adalah laporan harian penjualan pisang coklat dan laporan  laba/rugi penjualan kami.

 

Laporan Harian Penjualan Pisang Coklat

Tanggal

Keterangan

Debit

Kredit

Saldo

13 Okt

 

Kas

Rp20,000.00

Rp20,000.00

Beli Bahan

Rp11,650.00

Rp  8,350.00

Hasil Penjualan

Rp15,000.00

Rp23,350.00

15 Okt

Beli Bahan

Rp11,650.00

Rp11,700.00

Hasil Penjualan

Rp13,500.00

Rp25,200.00

16 Okt 

Beli Bahan

Rp11,650.00

Rp13,550.00

Hasil Penjualan

Rp13,500.00

Rp27,050.00

17 Okt 

Beli Bahan

Rp11,650.00

Rp15,400.00

Hasil Penjualan

Rp13,500.00

Rp28,900.00

18 Okt 

Beli Bahan

Rp11,650.00

Rp17,250.00

Hasil Penjualan

Rp15,000.00

Rp32,250.00

 

Laporan Laba/Rugi

Tanggal 18 Oktober 2012

 

Pendapatan Penjualan                                                            Rp. 70.500,00

Pembelian bahan                                                                     Rp. 58.250,00 –

Laba                                                                                        Rp. 12.250,00

 

3.3       Laporan Keuangan Omelet Mini

 

Omelet mini yang kami hasilkan selama lima hari sejumlah 100 buah  per harinya. Setiap hari kami titipkan di kantin SMAN 5 Malang. Kami menjual produk kami seharga Rp. 200,00 per buah dan dijual Rp. 250,00 per buah. Berikut adalah laporan penjualan harian penjualan omelet mini dan  laporan laba/rugi penjualan kami.

 

Laporan Harian Penjualan Omelet Mini

Tanggal

Keterangan

Debit

Kredit

Saldo

22 Okt

Beli Bahan

 

 Rp16,500.00

 Rp32,250.00

Hasil Penjualan

 Rp  20,000.00

 

 Rp52,250.00

23 Okt

Beli Bahan

 

 Rp16,500.00

 Rp35,750.00

Hasil Penjualan

 Rp  20,000.00

 

 Rp55,750.00

24 Okt

Beli Bahan

 

 Rp16,500.00

 Rp39,250.00

Hasil Penjualan

 Rp  20,000.00

 

 Rp59,250.00

25 Okt

Beli Bahan

 

 Rp16,500.00

 Rp42,750.00

Hasil Penjualan

 Rp  20,000.00

 

 Rp62,750.00

26 Okt

Beli Bahan

 

 Rp16,500.00

 Rp46,250.00

Hasil Penjualan

 Rp  20,000.00

 

 Rp66,250.00

 

Laporan Laba/Rugi

Tanggal 26 Oktober 2012

 

Pendapatan Penjualan                                                            Rp. 100.000,00

Pembelian bahan                                                                     Rp.    82.500,00  –

Laba                                                                                        Rp.    17.500,00

 

Menurut kami, penjualan omelet mini lebih memiliki peluang bisnis daripada pisang coklat karena pelajar atau mahasiswa lebih suka makanan yang gurih dan pedas daripada makanan yang manis. Lagipula,  penjualan omelet mini sudah memiliki tempat yang bagus untuk berjualan daripada pisang coklat.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s